Program Studex STIPRAM Ke BUUIC

21 Pebruari 2020 Berita
news-cover

Sebanyak 14 mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta mengikuti program Student Exchange (Studex) ke Burapha University International College (BUUIC) Thailand. Program tersebut dilaksanakan dari tanggal 1 – 7 April 2019. Program yang memadukan antara pertukaran budaya, Pendidikan dan pariwisata ini merupakan program rutin STIPRAM dengan BUUIC yang telah berjalan sejak tahun 2013.

Dalam sesi orientasi di hari kedua, peserta program Studex tersebut disambut oleh Wakil Dekan bidang Akademik serta bidang Kerjasama Luar Negeri BUUIC serta beberapa mahasiswa BUUIC. Dalam sambutannya, Wakil Dekan berharap bahwa program Studex yang sudah berjalan dengan baik ini dapat dipertahankan karena sudah menjadi program unggulan baik di BUUIC maupun di STIPRAM. Lebih lanjut, Wakil Dekan berharap adanya masukan-masukan dari peserta mengenai penyelenggaraan program Studex tersebut agar pelaksanaannya dapat lebih ditingkatkan lagi di masa-masa mendatang. Pada kesempatan tersebut mahasiswa peserta Studex memperkenalkan diri satu per satu, diikuti oleh perkenalan diri dari masing-masing mahasiswa BUUIC. Setelah acara orientasi diikuti oleh campus tour untuk memperkenalkan fasilitas-fasilitas yang ada di Burapha University International College.

Program unggulan Student Exchange ini menawarkan beberapa agenda menarik, seperti mengikuti perkuliahan tentang Thai Language for Basic Communication selama 3 jam dan kuliah tentang Basic Knowledge of Thai Culture, dilanjutkan dengan praktek tari tradisional dari Thailand. Mahasiswa STIPRAM juga di ajarkan memasak 3 masakan Thailand dalam Cooking class di Kitchen Lab kampus BUUIC. Disamping itu, program ini juga menawarkan kunjungan ke beberapa obyek wisata yang ada di kota Bangsaen, Bangkok dan Pattaya, seperti kunjungan ke Wat Benchamabopitr, Pattaya Floating Market, Pattaya beach dan destinasi wisata menarik lainnya.

Untuk memperkenalkan tentang Indonesia, dalam rangka pertukaran budaya, Pendidikan dan pariwisata, mahasiswa peserta Studex STIPRAM mempresentasikan pariwisata Indonesia kepada audience yang terdiri dari Dekan dan Wakil Dekan BUUIC, para Dosen dan Staf, serta beberapa mahasiswa BUUIC. Presentasi tersebut dilanjutkan dengan persembahan tari Wonderful Indonesia yang memperkenalkan berbagai kesenian daerah dari Bali, Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Papua serta persembahan fashion show untuk memperkenalkan busana masing-masing peserta kepada audience. Seluruh rangkaian acara tersebut diakhiri dengan pemberian Sertifikat Student Exchange oleh Dekan BUUIC kepada seluruh peserta Studex STIPRAM. — Aldi, Stipram Jogja